Perancangan Aplikasi Hostelry Dengan Teknologi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mendukung Sektor Pariwisata Di Bulukumba
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Merancang aplikasi Hostelry dengan Teknologi Location Based Service (LBS) berbasis android untuk pendukung sektor pariwisata di Bulukumba, Mengimplementasikan aplikasi Hostelry berbasis android di Kabupaten Bulukumba. Data data diperoleh melalui penelitian lapangan berupa wawancara, dokumentasi dan penelitian pustaka. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 kategori yaitu penginapan, wisata, dan pasar. Perhitungan pengambilan sampel dari populasi menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel data 48 penginapan dari 93 data penginapan, 23 wisata dari 30 data wisata, dan 30 pasar dari 42 data pasar. Pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian blackbox dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Hostelry Bulukumba dapat memudahkan wisatawan dalam memilih dan melakukan pencarian lokasi penginapan dengan tingkat kelayakan rata-rata 95,2% dari 22 responden.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] Ariyanti, Rena, Khairil, dan Indra Kanedi. 2015. Pemanfaatan Google Maps API Pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi Di Kota Bengkulu. Bengkulu : Jurnal Media Infotama.
[3] Dinas Pariwisata Bulukumba. 2018. Profil Dinas Pariwisata Kab. Bulukumba 2018.
[4] Iwan Nasrulloh. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Location Based Service Wisata Populer di Jawa Timur Berbasis Android Dengan Metode Extreme Programming. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.
[5] Maghribi, Charisma Audia, Aliyadi, dan Ghulam Asrofi. 2017. Rancang Bangun Pembuatan Aplikasi TIC (Tourist Information Center) Ponorogo Berbasis Android Menggunakan SIG dan Web Server. Ponorogo: Penerbitan Artikel Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[6] Nugroho, Widi Novian. 2017. Aplikasi Pencarian Masjid Terdekat Di Kota Bandar Lampung Berbasis Mobile Menggunakan Algoritma Dijkstra. Bandar Lampung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung.
[7] Supriadi, Bambang dan Nanny Roedjinandari. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang : Universitas Negeri Malang.
[8] Yudhanto, Yudha, dan Ardhi Wijayanto. 2018. Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo.