E-Supply Chain Management Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) pada Toko Baju Limurfisa

Main Article Content

Syifa Fauziyah Arief
Evy Nurmiati

Abstract

Pada perkembangan information technology (IT) saat ini yang begitu pesat mengubah semua transaksi jual beli offline ke arah transaksi jual beli online. E-Marketplace dapat dijadikan solusi dalam mempromosikan dan memasarkan produknya dalam skala yang lebih luas. Toko Limurfisa menjalankan bisnisnya dengan membuat dan menjual baju. Penelitian ini akan merancang bangun sebuah sistem Electronic Supply Chain Management (e-SCM) pada toko baju Limurfisa dengan tujuan untuk merancang sistem yang tepat untuk memudahkan dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan supplier dan pendistribusian baju kepada customer agar tidak terjadi penumpukan stok dan memudahkan dalam mencari pelanggan baru. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Develeopment (RAD). Penelitian ini menghasilkan sebuah electronic supply chain yang memudahkan dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan supplier dan pendistribusian baju kepada customer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] S. Ardilla and N. Hadinata, “Sistem informasi marketplace produk usaha mikro kecil menengah ( umkm ),” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 05, no. 02, pp. 86–95, 2022.
[2] G. Pratama, “Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee,” J. Ekon. dan Bisnis Islam J. Ecopreneur Anal., vol. 1, pp. 21–34, 2020.
[3] B. N. R. Marco, “ANALISIS SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERAJINAN BAMBU DUSUN BRAJAN,” J. Ilm. DASI, vol. 18, no. 2, pp. 48–53, 2017, [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
[4] I. O. S. Purnomo, P. Widyaningsih, “Perancangan Aplikasi E-Marketplace Pada UMKM Desa Bakalrejo Berbasis Web,” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta P-ISSN, vol. 8, no. 1, pp. 12–18, 2022.
[5] Y. R. Suci, “PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA,” J. Ilm. Cano Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2017.
[6] D. P. Githa and I. M. S. Raharja, “E-Supply Chain Management Pada Toko Roti Menggunakan Odoo 11.0,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, pp. 184–194, 2021, doi: 10.31598/sintechjournal.v4i2.976.
[7] T. H. Rudy, N. Octavia, N. Tjong, “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-SCM (STUDI KASUS: PT. MULTI MEGAH MANDIRI),” pp. 219–225, 2008.
[8] Y. N. Saputro and E. Sediyono, “Analisis Supply Chain Management ( SCM ) Komoditas Cabai Rawit Merah di Kecamatan Getasan , Kabupaten Semarang,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 267–271, 2019.
[9] M. A. R. Sikumbang, R. Habibi, and S. F. Pane, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode RAD dan Metode LBS Pada Koordinat Absensi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, pp. 59–64, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1445.
[10] Alfiah and Damayanti, “Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 111–117, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi.
[11] A. Andriani and E. Qurniati, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD),” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 10, no. 3, pp. 49–54, 2018, [Online]. Available: http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/392/385.