Penerapan Sistem Informasi Pengolahan Barang Milik Negara dan Bahan Praktikum di Politeknik Negeri Indramayu

Main Article Content

Ahmad Lubis Ghozali
Muhammad Mustamin
Siti Hodizah

Abstract

Politeknik Negeri Indramayu adalah salah satu instansi pendidikan yang memiliki bagian pengadaan barang dan bahan praktikum di setiap jurusan. Bagian maintenance dan bengkel memiliki tugas pengadaan barang dan bahan praktikum sebagai sarana penunjang kegiatan untuk keperluan praktikum mahasiswa, jenis barang dan bahan praktikum dibagi menjadi dua yaitu barang tidak habis pakai dan barang habis pakai. Dengan tersedianya persediaan barang dan bahan praktikum maka diharapkan apa yang dibutuhkan oleh dosen, teknisi hingga mahasiswa dapat terpenuhi sehingga dapat memperlancar kegiatan para pengguna dan dapat menghindari terjadinya kekurangan barang dan bahan. Tetapi pengolahan barang dan bahan praktikum di setiap jurusan masih manual, dimana cara pencarian, serta peminjaman dan pengembalian masih menggunakan sistem tulis tangan. Pembuatan aplikasi rancang bangun pengolahan barang dan bahan praktikum di Politeknik Negeri Indramayu digunakan untuk mengelola persediaan barang dan bahan praktikum serta transaksi peminjaman dan pengembalian. Proses pembuatan program dimulai dari awal, yaitu analisa kegiatan admin, penyusunan flowchart, ERD, UML dan pembuatan tabel sampai pemrograman. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode SDLC model waterfall karena lebih terstruktur dan sistematis. Pengujian yang dilakukan yaitu menggunakan pengujian black box dan kuisioner yang dibagikan ke 15 koresponden. Pengujian black box menghasilkan aplikasi tidak ada yang error serta hasil jawaban kuisioner yang dibagikan ke 15 koresponden yaitu 83,33%, dengan presentase tersebut dapat dikatakan aplikasi ini sudah amat baik digunakan oleh pengguna. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem pengolahan barang dan bahan praktikum ini menghasilkan 83,33% dan dapat dikatakan amat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ahmad, Indra. 2017. BAB II LANDASAN TEORI. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
[2] Andika, Dwiky. 2018. Pengertian Flowchart. https://www.it-jurnal.com. Diakses pada tanggal 4 Juni 2018.
[3] Asmara, Indra. 2015. PERANCANGAN WEBSITE UNTUK CV. TERAPIXEL TRIMEDIA PROMOTION SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015, 155-164.
[4] Ferdika, Mikhael dan Heri Kuswara. 2017. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era Makmur Cahaya Damai Bekasi. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol.1, No. 2, Hal. 175 –188.
[5] Fikri Setiadi, M. 2017. Kupas Tuntas Konsep Model Data Entity Relationship Diagram atau ERD. http://mfikri.com. Diakses pada tanggal 6 Juni 2018.
[6] Herianto, M.G. 2012. BAB II LANDASAN TEORI. Surabaya: STIKOM Surabaya.
[7] Kusnandar. 2017. BAB II LANDASAN TEORI. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
[8] N Sora. 2015. Pengertian UML Dan Jenis-Jenisnya Serta Contoh Diagramnya. http://www.pengertianku.net. Diakses pada tanggal 2 Juni 2018.
[9] Rohman, Abdul. 2015. E-scheduling information systems maintenance of it assets (e-sismitas) di pt. Karya putra sukses. Skripsi. Tangerang: STMIK Raharja.
[10] Zaidi, Muhammad. 2015. PHP My Admin dan My SQL. http://muhammadzaidi.it.student.pens.ac.id/. Diakses pada tanggal 6 Juni 2018.