Sistem Informasi Penilaian Kinerja Unit Pelayanan (Studi Kasus Rumah Sakit umum Daerah Polewali Mandar)
Main Article Content
Abstract
Rumah sakit umum daerah polewali selama ini belum didukung program atau informasi yang terkomputerisasi dengan baik, khususnya pada pengolahan data kinerja unit pelayanan. Dengan kondisi ini menyebabkan pengolahan data yang tidak efisien. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan harapan karena mengingat bahwa teknologi saat ini telah berkembang sangat pesat yang pemanfaatannya dapat diaplikasikan dalam segala bidang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi penilaian kinerja unit pelayanan rumah sakit umum daerah polewali berbasis web yang dapat mengolah data kinerja unit pelayanan lebih efektif. Sistem ini dirancang dengan menggunakan PHP dan database MySQL. Metode yang digunakan penulis berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Sistem ini dapat memberikan hasil akhir berupa diagram batang sehingga admin dengan mudah melihat perbandingan kinerja unit pelayanan yang satu dengan yang lainnya
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] Loamena., D.Z.,Syamsudin, D., Syahrizal, 2013, Penerapan Web Untuk Aplikasi Kuisioner Kinerja Pada Universitas Islam Attahiriyah.
[3] Mote F., 2008 Nalisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Ngesrep Semarang, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Program Studi : Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi : Magister Administrasi Publik.
[4] Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2014 Tentang Pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pelayanan publik
[5] Republik Indonesia, 2004, Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta : Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.
[6] Maulana. R.M., 2012, Penilaian Kinerja Karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Addictive Weighted. Pekalongan, STIMIK WIDYA PRATAMA.
[7] Mentri PAN-RI, 2003, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
[8] Savitri Irma Ayu, dkk, 2012, Penilaian Kinerja Karyawan dengan Model Fuzzy Multy Attribute Decission Making Metode Simple Addictive Weighted. Malang, UNIVERSITAS BRAWIJAYA.
[9] Sulistiyani, Hasiolan L.B, Warso, M.M., 2016, Analisis Pengaruh Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang “. Journal of management, Volume 2 No.2 maret 2016