Sistem Informasi Penilaian Kinerja Unit Pelayanan (Studi Kasus Rumah Sakit umum Daerah Polewali Mandar)

Main Article Content

Ade Irma
Syarli
Muhammad Sarjan

Abstract

Rumah sakit umum daerah polewali selama ini belum didukung program atau informasi yang terkomputerisasi dengan baik, khususnya pada pengolahan data kinerja unit pelayanan. Dengan kondisi ini menyebabkan pengolahan data yang tidak efisien. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan harapan karena mengingat bahwa teknologi saat ini telah berkembang sangat pesat yang pemanfaatannya dapat diaplikasikan dalam segala bidang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi penilaian kinerja unit pelayanan rumah sakit umum daerah polewali berbasis web yang dapat mengolah data kinerja unit pelayanan lebih efektif. Sistem ini dirancang dengan menggunakan PHP dan database MySQL. Metode yang digunakan penulis berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Sistem ini dapat memberikan hasil akhir berupa diagram batang sehingga admin dengan mudah melihat perbandingan kinerja unit pelayanan yang satu dengan yang lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kepmenpan RI No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
[2] Loamena., D.Z.,Syamsudin, D., Syahrizal, 2013, Penerapan Web Untuk Aplikasi Kuisioner Kinerja Pada Universitas Islam Attahiriyah.
[3] Mote F., 2008 Nalisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Ngesrep Semarang, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Program Studi : Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi : Magister Administrasi Publik.
[4] Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2014 Tentang Pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pelayanan publik
[5] Republik Indonesia, 2004, Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta : Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.
[6] Maulana. R.M., 2012, Penilaian Kinerja Karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Addictive Weighted. Pekalongan, STIMIK WIDYA PRATAMA.
[7] Mentri PAN-RI, 2003, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
[8] Savitri Irma Ayu, dkk, 2012, Penilaian Kinerja Karyawan dengan Model Fuzzy Multy Attribute Decission Making Metode Simple Addictive Weighted. Malang, UNIVERSITAS BRAWIJAYA.
[9] Sulistiyani, Hasiolan L.B, Warso, M.M., 2016, Analisis Pengaruh Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang “. Journal of management, Volume 2 No.2 maret 2016