Implementasi Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Kafe Berbasis Web Menggunakan Jaringan Intranet
Main Article Content
Abstract
Kafe merupakan tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman
dan makanan. Pada umumnya restoran ataupun kafe mengalami kesulitan untuk melayani pemesanan menu
makanan dan minuman, kesulitan tersebut adalah pelanggan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan menu
makanan dan minuman yang dipesan sehingga kurang adanya kenyamanan bagi pengunjung. Implementasi sistem
informasi pemesanan menu makanan dan minuman ini diterapkan berbasis web dengan menggunakan jaringan
intranet bertujuan agar operasional kafe dapat berjalan lebih efektif, aman, cepat, dan akurat. Dengan sistem
informasi ini data laporan penjualan kafe menjadi terkomputerisasi, sehingga data dapat tersimpan dengan baik.
Sistem informasi ini dikembangkan menggunakan framework bootstrap dengan bahasa pemrograman PHP dan
menggunakan database MySQL. Dari hasil pengujian menggunakan metode blackbox dapat disimpulkan bahwa
sistem informasi pemesanan menu makanan dan minuman berbasis web ini dapat membantu proses pemesanan
pada salah satu kafe Made In Bandung.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] O’Brien, James A. dan Marakas, George M. 2011. “Management Information Systems, 10th Edition”. McGraw-Hill/ Irwin, New York.
[3] Ghozali, A.L. dan Mustafid, dan Farikhin. 2014. “Sistem Informasi Pendukung Keputusan Terhadap Mutu Lulusan dengan Metode Fuzzy Model Tsukamoto”. Jurnal Sistem Informasi Bisnis. Undip Semarang, vol. 4, no. 2, pp. 87-95.
[4] Ghozali, A.L. dan Bunga, M.S. 2017 “Implementasi Sistem Business Intelligence Terhadap Rekap Nilai Perkuliahan Menggunakan Metode Online Analitycal
Processing (OLAP)”, Semnasteknomedia Online, 5(1), 1-2.
[5] Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T.P., and Turban, D. 2010. Electronic Commerce : A Managerial Perspective, Pearson, New Jersey.
[6] Sujono Riyadi, S. M. 2011. Buku Keperawatan Medikal Bedah. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.