Implementasi Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Kafe Berbasis Web Menggunakan Jaringan Intranet

Main Article Content

Nia Caniati
Ahmad Lubis Ghozali
A Sumarudin

Abstract

Kafe merupakan tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman
dan makanan. Pada umumnya restoran ataupun kafe mengalami kesulitan untuk melayani pemesanan menu
makanan dan minuman, kesulitan tersebut adalah pelanggan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan menu
makanan dan minuman yang dipesan sehingga kurang adanya kenyamanan bagi pengunjung. Implementasi sistem
informasi pemesanan menu makanan dan minuman ini diterapkan berbasis web dengan menggunakan jaringan
intranet bertujuan agar operasional kafe dapat berjalan lebih efektif, aman, cepat, dan akurat. Dengan sistem
informasi ini data laporan penjualan kafe menjadi terkomputerisasi, sehingga data dapat tersimpan dengan baik.
Sistem informasi ini dikembangkan menggunakan framework bootstrap dengan bahasa pemrograman PHP dan
menggunakan database MySQL. Dari hasil pengujian menggunakan metode blackbox dapat disimpulkan bahwa
sistem informasi pemesanan menu makanan dan minuman berbasis web ini dapat membantu proses pemesanan
pada salah satu kafe Made In Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kadir, A., 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Publisher, Yogyakarta.
[2] O’Brien, James A. dan Marakas, George M. 2011. “Management Information Systems, 10th Edition”. McGraw-Hill/ Irwin, New York.
[3] Ghozali, A.L. dan Mustafid, dan Farikhin. 2014. “Sistem Informasi Pendukung Keputusan Terhadap Mutu Lulusan dengan Metode Fuzzy Model Tsukamoto”. Jurnal Sistem Informasi Bisnis. Undip Semarang, vol. 4, no. 2, pp. 87-95.
[4] Ghozali, A.L. dan Bunga, M.S. 2017 “Implementasi Sistem Business Intelligence Terhadap Rekap Nilai Perkuliahan Menggunakan Metode Online Analitycal
Processing (OLAP)”, Semnasteknomedia Online, 5(1), 1-2.
[5] Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T.P., and Turban, D. 2010. Electronic Commerce : A Managerial Perspective, Pearson, New Jersey.
[6] Sujono Riyadi, S. M. 2011. Buku Keperawatan Medikal Bedah. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.