Pengembangan Alat Ukur Keterbukaan Informasi Publik Pada Situs Web Pemerintah Studi Kasus Kabupaten Kutai Kartanegara
Main Article Content
Abstract
Situs web sebagai media yang paling umum di gunakan untuk implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) belum sepenuhnya memberikan informasi yang di butuhkan oleh masyarakat dan belum ada cara mengukur kinerja KIP pada situs web. Perlu ada cara mengukur KIP, dalam hal ini pada media situs web. Perkembangan e-government oleh pemerintah daerah juga di lakukan oleh salah satu kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kutai Kartanegara (Kukar). Kukar memiliki total 110 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), 76 SKPD di antaranya telah memiliki situs web guna menyebar luaskan informasi. Penilaian ini bukan jadi alat ukur yang komprehensif tapi efektif dalam komparasi dan swa penilaian kinerja KIP pada situs web. Hasil pengukuran pada semua situs web yang aktif di Kukar, menunjukkan kinerja KIP masuk dalam kategori baik. Hanya saja untuk memenuhi ketentuan yang ada pada UU No.14 Tahun 2008 tentang KIP, Kukar harus lebih berbenah untuk mengaktifkan situs-situs web SKPD yang belum aktif, bahkan yang belum memiliki websites diusahakan agar KIP termaktub pada konten dalam situs web tersebut.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] R. D. Prabowo, “Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dalam Upaya Mewujudkan Good Governance ( Kajian Tiga Badan Publik : Bappeda, DPKAD dan Dinas Pendidikan Kota Semarang ),” Statew. Agric. L. Use Baseline 2015, vol. 1, pp. 1–33, 2015.
[3] R. D. Anggraini, “Transparansi , Partisipasi , dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya,” vol. 1, pp. 201–208, 2013.
[4] N. Yavuz and E. W. Welch, “Factors affecting openness of local government websites: Examining the differences across planning, finance and police departments,” Gov. Inf. Q., vol. 31, no. 4, pp. 574–583, 2014.
[5] B. W. Wirtz and V. Rieger, “Model of Citizen Perceptions,” 2016.
[6] J. C. Bertot, P. T. Jaeger, and J. M. Grimes, “Using ICTs to create a culture of transparency: E-government and social media as openness and anti-corruption tools for societies,” Gov. Inf. Q., vol. 27, no. 3, pp. 264–271, 2010.
[7] J. Henkel, S. Schöberl, and O. Alexy, “revealing in open innovation,” Res. Policy, 2013.
[8] M. K. Biddinika, R. P. Lestari, B. Indrawan, K. Yoshikawa, K. Tokimatsu, and F. Takahashi, “Measuring the readability of Indonesian biomass websites: The ease of understanding biomass energy information on websites in the Indonesian language,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 59, pp. 1349–1357, 2016.
[9] B. Ellsworth, H. Patel, and A. F. Kamath, “Assessment of Quality and Content of Online Information About Hip Arthroscopy,” Arthrosc. J. Arthrosc. Relat. Surg., pp. 1–8, 2016.
[10] W. H. Delone and E. R. Mclean, “Information Systems Success : The Quest for the Dependent Variable,” no. August 2015, 1992.