https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/issue/feed Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar 2025-06-30T11:31:45+07:00 Akhmad Qashlim S.Kom.,M.Kom qashlim@mail.unasman.ac.id Open Journal Systems <pre>Title : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar Website : https://ejournal.fikom-unasman.ac.id/index.php/jikom Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar ISSN : 2503-3832 (online), 2442-451X (print) DOI Prefix : https://doi.org/10.35329/jiik.v5i1 Subject : Ilmu Komputer Frequency&nbsp; : published 2 (two) times in a year Language&nbsp; : Indonesia (id) Citation : Google Scholar; </pre> <p align="justify"><strong>Scientific Journal of Computer Science, Faculty of Computer Science, Al Asyariah Mandar University</strong> is a journal that contains scientific writings on pure research and can be found in the field of computer science, management information system, engineering and general reviews regarding the development of theories and methods.</p> <p align="justify"><strong>Scientific Journal of Computer Science, Faculty of Computer Science, Al Asyariah Mandar University</strong> is published by the Research and Community Service Institute, Al Asyariah Mandar University. The editor invites researchers, practitioners, and students to participate in writing developments in Science in fields related to computer science, management information system, engineering.</p> <p align="justify"><strong>Scientific Journal of Computer Science, Faculty of Computer Science, Al Asyariah Mandar University</strong> is published 2 (two) times in a year with the frequency of publication every 6 months in April and September.&nbsp; Manuscript submission will be FREE OF CHARGE SUBMISSION for each article.</p> https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/283 Implementasi Sistem Controlling Peralatan Elektronika Berbasis Website Di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 2025-06-30T11:31:43+07:00 Febri Hidayat Saputra saputrafebri2@gmail.com Agus Halid agushalid@akba.ac.id Khaidir Rahman Natsir khaidir@akba.ac.id A Sumardin andis@unitama.ac.id Tatik Maslihatin tatik@akba.ac.id M Muhajirin aji@akba.ac.id Muhammad Arafah muh.arafah78@gmail.com Abraham Andromeda Punjanan abraham20@mhs.akba.ac.id <p>Dalam operasional bandara, peralatan elektronika seperti CCTV, sistem penerangan, sistem kontrol akses, sistem komunikasi, dan lainnya merupakan komponen penting yang memastikan keamanan, keselamatan, dan kelancaran aktivitas di bandara. Namun, dengan jumlah peralatan yang besar dan tersebar di berbagai lokasi, pemantauan manual menjadi tidak efisien dan memakan banyak waktu serta sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem monitoring peralatan elektronika berbasis website di bandara sultan hasanuddin makassar dan mengimplementasikan sistem monitoring peralatan elektronika berbasis website di bandara sultan hasanuddin makassar. Hasil dari penelitian ini yaitu dihasilkan sebuah aplikasi sistem controlling peralatan elektronika berbasis website dibandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk logbook peralatan pada bandara dan hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemantauan peralatan elektronika. Responsifitas terhadap gangguan juga meningkat karena personel dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan yang diperlukan. Sistem ini telah membantu mengurangi downtime peralatan dan meningkatkan efisiensi operasional bandara.</p> 2023-09-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/281 SISTEM MONITORING BENDUNGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) 2025-06-30T11:31:43+07:00 Hasruddin hasruddin.baharullah@gmail.com Abdul Latief Arda Hasruddin.baharullah@gmail.com Wardi Wardi Hasruddin.baharullah@gmail.com <p>Indonesia merupakan negara yang memiliki curah hujan cukup tinggi pada musim penghujan hampir keseluruhan daerah diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga perlu diwaspadai akan terjadinya banjir. Namun jika terjadi kelalaian dalam pengawasan bendungan tersebut akibatnya sangat merugikan karena menyangkut keselamatan warga disekitarnya jika terjadi meluapnya air. Oleh karena itu penulis bertujuan membuat sistem monitoring bendungan berbasi IoT, dimana sistem ini bukan hanya sebatas mengontrol ketinggian air, serta mengotomatisasi buka tutup pintu air pada bendungan, tetapi sistem monitoring ini dapat juga dikontrol setiap saat untuk disiarkan langsung atau <em>live streaming </em>dan diberitahukan melalui situs web ketika air meluap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, jenis penelitian yang dapat dilakukan dalam penelitian sistem monitoring bendungan ini yaitu "eksperimen lapangan". Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa jarak air ke sensor lebih dari 11 cm maka status yang tampil pada website adalah Normal dan pintu air dalam keadaan tertutup, jika jarak air ke sensor lebih dari atau sama dengan 10 cm dan kurang dari 11 cm maka status yang tampil pada website adalah Siaga 3, pada saat ini pula pesan whatsapp akan terkirim ke penjaga bendungan untuk menginformasikan bahwa air mengalami kenaikan, jika jarak air ke sensor lebih dari atau sama dengan 9 cm dan kurang dari 10 cm maka status yang tampil pada website adalah Siaga 2, pada saat ini pula pesan whatsapp akan terkirim ke penjaga bendungan untuk menginformasikan bahwa air mengalami kenaikan dan secara otomatis motor servo akan berputar 900 dan pintu bendungan akan terbuka setengah jika jarak air ke sensor kurang dari atau sama dengan 8 cm maka status yang tampil pada website adalah Siaga 1 dan sirine akan berbunyi serta secara otomatis motor servo akan berputar untuk membuka pintu air 1800 dan lagi pesan whatsapp akan terkirim ke penjaga pintu untuk menginformasikan bahwa ketinggian air dalam status siaga 1, serta fitur tambahan yaitu <em>live streaming </em>yang berfungsi sebagai pengontrol kondisi sekitar pintu bendungan apakah benar sensor ultrasonik mendeteksi kenaikan air atau tidak, kesemua alat yang digunakan dapat berfungsi dengan baik. hasil pengujian yang didapatkan nilai error rata-rata adalah 0,72% dan tingkat akurasi sebesar 99,28% dengan mengambil 15 sampel jarak dan air ditambahkan setiap 1 cm, pengujian ini dilakukan pada keadaan air yang tenang tanpa adanya gelombang atau riakan. Dan diperoleh kesimpulan bahwa pembacaan sensor dengan penggaris akurat dan alat berfungsi dengan baik.</p> 2023-09-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/278 SISTEM INFORMASI PENYEWAAN WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB DI EVA DEKORASI 2025-06-30T11:31:44+07:00 atika nadila ladil4863@gmail.com <p><strong>Atika Nadila (1902021005). </strong>Sistem Informasi Penyewaan <em>Wedding Organizer </em>Berbasis Web Di Eva Dekorasi.</p> <p><strong>Skripsi : </strong>Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia.</p> <p><em>Wedding organizer </em>merupakan salah satu jasa yang memiliki fungsi untuk membantu calon pengantin dalam mempersiapkan dan pelaksanaan acara pernikahan yang sesuai dengan konsep, jadwal, dan keuangan yang sudah pelanggan tetapkan. Sistem informasi penyewaan <em>wedding organizer </em>eva dekorasi kali ini dibuat dengan menggunakan sistem informasi berbasis web, yang mempunyai tujuan untuk memperluas promosi dan memudahkan proses penyewaan paket pernikahan. Sistem informasi penyewaan wedding organizer menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL, metode yang digunakan pada sistem ini menggunakan metode <em>waterfall</em>. Sistem informasi wedding organizer eva dekorasi sangat membantu calon pengantin yang tidak mau di persulit oleh masalah dan perencanaan acara pernikahan mereka. Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini <em>wedding organizer </em>eva dekorasi sudah mulai berpindah dari proses manual ke dalam proses <em>online </em>yaitu sistem informasi penyewaan <em>wedding organizer </em>berbasis web. <strong>Kata Kunci : </strong>Sistem Informasi Penyewaan, <em>waterfall</em>, eva dekorasi, <em>wedding organizer</em>.</p> 2023-09-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/276 Deteksi Tumor Otak Menggunakan CNN 2025-06-30T11:31:44+07:00 La Ode Lukmana laode.lukmana88@gmail.com <p>Deteksi tumor otak adalah tahap penting dalam diagnosis dan perawatan dini pasien. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan pendekatan deteksi tumor otak menggunakan Convolutional Neural Network (CNN). Kami menggunakan dataset berisi gambar MRI otak yang diproses dengan teknik pemangkasan otak dan augmentasi data. Kami melatih model menggunakan arsitektur CNN dengan metode transfer learning dari model VGG-16. Hasil eksperimen menunjukkan performa yang baik dengan akurasi 80%. Penelitian ini menunjukkan potensi CNN dalam mendukung deteksi tumor otak.</p> 2023-10-01T01:23:27+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/273 Perencanaan Strategis Sistem Informasi Peternakan Domba Di Ps4 Wira Tani Karawang Dengan Metode Ward Dan Peppard 2025-06-30T11:31:44+07:00 Sadam Alfian Pradana sadam.alfian20@mhs.uinjkt.ac.id Rizki Aji Mahardika rizki.mahardika20@mhs.uinjkt.ac.id Evy Nurmiati evy.nurmiati@uinjkt.ac.id <p>This study aims to plan the information system strategy for sheep farming at P4S Wira Tani in Karawang, using the Ward and Peppard framework. The identified challenges include the underutilization of information technology in sheep farming activities, such as the lack of a stock feed recording system, ineffective sheep disease management, and inadequate data recording for malnourished or defective lambs. By applying Value Chain, SWOT, PEST, and McFarlan Strategic Grid analyses, this research aims to identify the information system needs of sheep farming at P4S Wira Tani and develop a portfolio of IT strategies. The strategic planning outcomes will provide guidance to improve work efficiency and gain a competitive edge in sheep farming activities. It is expected that this research will assist P4S Wira Tani in the development and sustainable implementation of an information system.</p> 2023-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/269 Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probalitas Kemenangan 2025-06-30T11:31:44+07:00 I Nyoman Tri Anindia Putra Trianindiaputra@instiki.ac.id i putu surya dwipayana suryadwipayana1001@gmail.com M. Fikri Somantri fikri.somantri13@gmail.com <p><em>Mobile Legends </em>adalah <em>game</em> yang berbasis Massive Online Batle Arena (MOBA) yang dimana pemain menjalankan satu karakter (Hero)<em>&nbsp; </em>dari dua tim yang berlawanan dengan tujuan untuk menghancurkan markas lawan untuk memperoleh kemenangan, kemenangan dalam bermain game <em>Mobile Legends </em>dapat mempengaruhi <em>psikis</em> seseorang seperti tingkat stress dan kepercayaan diri. Pemain juga memungkinkan untuk mengubah tampilan karakter dengan cara mengganti kostum <em>(Skin) </em>&nbsp;yang dapat memberikan keuntungan tambahan seperti <em>efek visual</em> pada serangan atau gerakan karakter yang juga dapat mempengaruhi <em>psikis </em>pemain .&nbsp; <em>Game Mobile Legends </em>sangat <em>popular </em>dan sukses di pasaran yang tidak terlepas dari <em>User Experience </em>dan <em>Interfacenya</em> <em>. User Experience</em> merupakan pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu layanan/produk. Dalam User Experience, terdapat antarmuka (interface) yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang tampilan. Selanjutnya, untuk menilai apakah antarmuka dari sebuah game <em>Mobile Legends </em>&nbsp;sudah cukup baik dan <em>skin</em> dapat mempengaruhi kepercayaan diri untuk meningkatkan kemenangan, maka dilakukan analisis dengan metode <em>Cognitive Walkthrought </em>dan <em>Heuristic Evaluation</em> adalah metode yang memiliki perbedaan dengan <em>Cognitive Walkthrough</em> hanya pada respondennya<em>. Cognitive Walkthrough</em> diuji oleh pemula, sementara <em>Heuristic Evaluation</em> diuji oleh ahli. Analisis bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keterjangkauan pengguna dari antarmuka game tersebut dan pengaruh <em>skin</em> untuk probalitas kemenangan.</p> <p><strong>Kata Kunci— </strong><strong><em>Mobile Legends, Skin, User Experience, Interface, Cognitive Walkthrought, Heuristic Evaluation, Psikis</em></strong><strong>.</strong></p> 2023-10-01T01:28:29+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/285 SISTEM MONITORING BAK SAMPAH BERBASIS IoT 2025-06-30T11:31:44+07:00 Muh Al Hijr Asqalani ferrariasb4@gmail.com Abdul Latief Arda ferrariasb4@gmail.com Nasrullah ferrariasb4@gmail.com <p>Pengawasan tempat sampah masih dilakukan secara manual, di tempat penelitian ini sering terjadi penumpukan sampah pada bak tempat sampah dimana petugas yang khusus menangani pengambilan sampah sering mengalami keterlambatan sehingga muncul bau yang tidak sedap yang dihirup oleh masyarakat dan menimbulkan penyakit yang membahayakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan eksperimental dimana ruang lingkup masalah dilakukan dengan metode studi pustaka (library research), metode pengumpulan data lapangan (field research) hasil pengujian pada alat yang dirancang, didapatkan bahwa apabila ketinggian Sampah mencapai 0-10 cm dari jarak ke tiga sensor maka Modul GSM 800L V2 akan mengirim status yang tampil pada aplikasi adalah Sampah Penuh dan apa bila hanya satu sensor membaca ketinggian sampah maka tidak akan dikirim ke aplikasi, adapun hanya bisa dikirim ke aplikasi apabila ke tiga sensor membaca sampah yang mencapai 0-10 cm Hasil Perancangan Sistem Kontrol berbasis IoT Sistem ini terdiri dari tiga sensor yaitu 2 sensor proximity dan sensor Ultrasonic dengan jarak pembacaan masing-masing 0-10 cm untuk mengontrol menggunakan android dengan notifikasi, Efektivitas Sistemnya Sistem monitoring berbasis IoT mengumpulkan data secara otomatis dari sensor-sensor yang terpasang pada bak sampah. Data ini dikirimkan secara real-time ke platform penyimpanan data, memungkinkan pemantauan yang akurat dan tepat waktu.</p> 2023-10-01T01:29:46+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/280 APLIKASI MANAJEMEN MASJID AL-ISLAKH DI DESA KARANGAMPEL KIDUL 2025-06-30T11:31:44+07:00 kurnia adi cahyanto kelixo@gmail.com Lana Taufiq Alamsyah lanaalamsyah3@gmail.com <p>Masjid Al-Islakh adalah masjid yang berada di Desa Karangampel Kidul. Selain sebagai tempat ibadah masyarakat muslim, masjid Al-Islakh juga memfasilitasi kegiatan lain seperti perayaan hari besar Islam, kajian agama, infaq, shodaqoh, serta pendidikan keagamaan. Pada pengelolaan keuangan ataupun manjemen yang lainnya, seringkali pengurus masjid mengalami kesulitan dalam manjemen pengolahan data dan memerlukan waktu yang cukup lama, karena Masjid Al-Islakh masih menggunakan pendataan melalui media kertas yang rentan hilang, mudah rusak, dan tidak terbaca. Pada penelitian sebelumnya telah dibuat aplikasi yang serupa yaitu Aplikasi Manajemen Masjid di beberapa masjid. Berdasarkan penelitian sebelumnya maka dilakukan pembuatan aplikasi web Manajemen Masjid Al-Islakh di Desa Karangampel Kidul. Sebagai pertimbangan efisiensi pengembangan aplikasi web, penelitian ini digunakan <em>framework</em> Laravel. Adapun metode pengembangan yang diusulkan yaitu <em>Waterfall</em>. Dalam proses pengembangan aplikasi masjid ini, dibuatlah perancangan <em>mockup</em>, <em>ERD</em> dan <em>UML</em>, yang menghasilkan beberapa fitur yaitu keuangan kas, pengumuman, jadwal kegiatan, zakat, kelola pengurus, dan kurban. Fitur-fitur yang telah dikembangkan tersebut telah diuji kepada dua orang pengurus, dan tiga orang pengunjung. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa semua fitur yang usulkan telah sesuai dengan kebutuhan, dan dapat disimpulkan bahwa permasalahan telah berhasil diatasi. Selanjutnya, Aplikasi ini dapat dikembangkan untuk <em>platform</em> aplikasi <em>mobile</em> dengan notifikasi <em>real</em> <em>time</em>.</p> 2023-10-01T01:30:48+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/279 PERANCANGANSISTEM INFORMASI INVENTARIS DESA TELUK SINGKAWANG BERBASIS WEB 2025-06-30T11:31:45+07:00 kartika eliza kartikaelizaputri2000@gmail.com <p>Inventarisasi aset adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikan nya baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud pada suatu waktu tertentu. Kantor Desa Teluk Singkawang Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo. Pendataan barang inventaris yang dilakukan masih berbentuk berkas atau masih menggunakan pencatatan buku, petugas kantor desa masih harus menulis semua pendataan barang yang ada pada kantor desa. Berdasarkan oservasi awal dengan kepala desa Teluk Singkawang dikeluhkan permasalahan tersebut. Perancangan yang digunakan dalam perancangan sitem informasi inventaris berbasis web ini menggunakan metode waterfall sebagai basis data dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian pemerintah desa Teluk Singkawang dapat mengelola data dan pendataan inventaris lebih efisien yang mana rekatif lebih singkat dengan menggunakan program dibanding dengan pendataan secara manual.</p> 2023-10-01T01:33:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar https://ejournal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/286 SISTEM MONITORING PERGERAKAN KAPAL NELAYAN TRADISIONAL MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS 2025-06-30T11:31:45+07:00 Ariastuti Rahman ariastuti.rahman@gmail.com Andani Achmad ariastuti.rahman@gmail.com Abdul Latif Arda ariastuti.rahman@gmail.com Akhmad Qashlim medqashlim@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Melakukan perancangan&nbsp; Sistem Monitoring Pergerakan Kapal Nelayan Tradisional Menggunakan IoT. (2) Menganalisis hasil monitoring pergerakan kapal nelayan tradisional mengguankan IoT. Penelitian ini dilaksanakan pada wilayah perairan teluk mandar kabupaten Polewali Mandar, Metode Experimental Fishing dengan memasang alat IoT pada kapal nelayan digunakan untuk melihat langsung jalur penangkapan ikan. Pengumpulan data dilakukan pada dua tempat yakni pada Kampung Nelayan Desa Tonyaman dan Kampung Nelayan Kelurahan Takkatidung hal ini dimaksudkan untuk melihat fungsionalitas perangkat IoT, data koordinat, suhu, dan kecepatan angin yang berbeda. Pengujian dan kalibrasi dilakukan dengan membandingkan perangkat IoT dengan alat standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinat pergerakan 2 kapal nelayan yang dimonitoring telah berhasil terdeteksi menggunakan perangkat IoT pada setiap 2 detik, begitupun informasi suhu dan kecepatan angin kemudian disajikan pada web sistem monitoring. Jalur yang dilalui oleh nelayan tradisional umumnya pada wilayah yang dekat dari sisi pulau untuk menangkap spesies tertentu,&nbsp; dengan kondisi suhu dengan nilai rata 29-33⁰ siang hari dan kecepatan angin rata-rata 24 m/s. Nelayan dengan ukuran kapal 5 GT tetap berada pada jalur 1&nbsp; dengan jarak 2 Mil atau 3 Km dari garis pantai sehingga perangkat masih terhubung oleh sinyal wifi antena BTS dengan baik. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi instansi terkait sebagai alternatif alat pantau berbiaya rendah dari VMS (vessel monitoring sistem)&nbsp; pada umumnya, perangkat IoT dapat dipadukan dengan sensor windvane untuk membaca arah angin dan sensor ultrasonik untuk deteksi keberadaan ikan</p> 2023-10-01T01:34:07+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar